Kebun Raya Bogor
Dibaca : 1111 Kali

Kebun raya Bogor merupakan tempat yang cukup terkenal di masyarakat, kebun raya Bogor ini terletak di Bogor, 60km selatan Jakarta. Kebun raya Bogor ini didirikan oleh Caspar Georg Carl Reinwardt seorang kebangsaan Inggris yang menjabat sebagai gubernur Jawa pada tahun  1917. Kebun ini memiliki luas 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis tumbuhan dan pohon.

Di dalam kebun raya Bogor ini terdapat terdapat bunga yang sanngat langka yaitu bunga bangkai atau Raflesia, bunga ini di tanam sejak tanggal 19 desember 1992, dengan jenis bunga bangkai Amorphophalus titanium Becc, Araceae atau suku talas-talasan. Bunga ini berasal dari Muara Aimat-Jambi, dan memiliki berat 30 kg.

 Kebun raya Bogor ini banyak terdapat pepohonan dan tumbuhan, membuat udara di sana terasa sangat sejuk dan banyak mengandung oksigen. Pohon yang terdapat disini bukan hanya pohon yang berasal dari Indonesia saja , namun banyak pohon yang bersal dari luar negeri seperti asia, amerika dan eropa. Pohon tertua yang ada di kebun raya Bogor ini adalah pohon Leci dari China. Pohon ini di tanam sejak tahun 1823. 

Didalam kebun raya Bogor  juga terdapat Musium Zoologi, musium ini didirikan pada Agustus 1894 oleh Dr. J. C. Koningsberger. Musium ini berisi replika dari binatang-binatang yang ada di Indonesia, saat ini sudah hampir 2.000 jenis binatang yang sudah diletakan di 75 kotak dan 60 vitrine. Di bagian depan musium ini Anda akanmelihat kerangka yang berasal dari ikan paus yang pernah terdampar di Indonesia, yang memiliki ukuran yang sangat besar. Binatang yang ada di sini merupakan bianatang yang diawetkan. Mulai dari jenis serangga, reptil, unggas, cacing sampai mamalia.

Kebun raya Bogor ini memiliki ribuan aneka tanaman tropis. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati indahnya tanaman dan alam. Selain itu kebun ini biasa dijadikan tempat piknik atau jalan-jalan bersama keluarga sambil belajar tentang berbagai jenis tanaman.

Bogor sangat mudah dijangkau dari Jakarta Anda bisa menggunakan bus, mobil, kereta api atau bahkan taksi. Dari stasiun kereta Bogor menuju kebun raya Bogor berjarak tidak begitu jauh. Apabila Anda dari bandara Soekarno-Hatta, Anda bisa menggunkan bus Damri yang langsung ke Bogor.


Tanggal Posting : Minggu, 11 Desember 2011
Pengirim : Admin


Artikel Terbaru
Pulau Hari

Pulau hari merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang yang terletak di bagian timur kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pulau ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami. 

Permukaan air yang jernih

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi Palembang Sumatera Selatan. Pulau ini setiap tahunnya dijadikan pusat tempat perayaan Cap Go Meh, bagi warga keturunan China dari berbagai

Rujak Soto

Makan Rujak atau Soto mungkin Anda sudah pernah mencobanya, namun pernahkan Anda mencoba makanan campuran rujak petis dan kuah soto babat, makanan ini bernama Rujak Soto, Rujak Soto merupakan makanan khas

Candi Jago

Candi Jago  didirikan pada masa Kerajaan Singhasari  pada abad ke-13. Candi ini terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau sekitar 22 km dari Kota Malang. Candi Jago memiliki keunikan

Tari Angguk

Tari Angguk meruapakan salah satu dari sekian banyak jenis kesenian rakyat yang ada di Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini merupakan tarian yang disrtai dengan pantun-pantun rakyat yang berisi tentang berbagai

News Category

Sumatera

Jawa

Kalimantan

Sulawesi

Bali

Maluku

Nusa Tenggara

Papua

Online Support
hadisukirno1 transtiket1
Visitor