Nasi Aron
Dibaca : 740 Kali

Bila Anda berwisata ke Gunung Bromo, Probolingo, tidak lenkap rasanya bila tidak mencicipi masakan khas warga Tengger bernama nasi aron. Selain rasanya yang lezat yang bisa menguguh selera makan, masakan yang satu ini juga sangat sangat sehat karena bisa dipercaya menurunkan kolesterol dan diabetes.

Tidak ada salahnya  bila Anda mencicipi nasi  aron yang berada di kawasan wisata Gunung Bromo, Probolinggo.

Nasi aron merupakan masakan khas warga Tengger lereng Gunung Bromo, Kuliner ini Terbuat dari jagung putih, Tidak ada bedanya dengan nasi putih pada umumnya, hanya saja nasi aron lebih tahan kenyang , dan berasa gurih karena terbuat dari jagung yang ada hanya di kawasan lereng Bromo.

Lebih nikmat lagi bila nasi aron disantap dengan daun ranti, campur kentang dengan tahu, tempe,ikan laut sebagai lauk pauknya

 Walaupun hanya dilengkapi lauk pauk tempe tahu namun nasi aron terasa nikmat dengan sentuhan sambal terasi yang pedas, ditemani panoraman Gunung Bromo yang eksotik.

Pembuatan nasi aron ini terbilang cukup mudah hanya saja membutuhkan waktu empat hari untuk mempersiapkannya, Karena jagung yang hendak dijadikan nasi aron harus dipipil, kemudian ditumbuk, setelah halus kemudian direndam dengan air selama kurang lebih empat hari, kemudian dijemur hingga kering.

Selanjutnya, jagung yang sudah di-treatment tersebut ditumbuk hingga halus, kemudian disaring ( diayak )hingga halus, dan direbus selama 30 menit atau hingga matang. Dengan tambahan tahu tempe, sayur ranti, dan sambal terasi, masakan nasi aron siap disajikan.

Selain nikmat, nasi aron juga dipercaya bisa menjaga kesehatan karena daun ranti yang rasanya agak pahit bisa menurunkan kolesterol, serta diabetes.

Nasi aron pun dipadu dengan sambal pedas sesuai dengan cuaca di Gunung Bromo yang berhawa sejuk bisa menahan lapar hingga berjam-jam.


Tanggal Posting : Sabtu, 01 Oktober 2011
Pengirim : Admin


Artikel Terbaru
Pulau Hari

Pulau hari merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang yang terletak di bagian timur kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pulau ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami. 

Permukaan air yang jernih

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi Palembang Sumatera Selatan. Pulau ini setiap tahunnya dijadikan pusat tempat perayaan Cap Go Meh, bagi warga keturunan China dari berbagai

Rujak Soto

Makan Rujak atau Soto mungkin Anda sudah pernah mencobanya, namun pernahkan Anda mencoba makanan campuran rujak petis dan kuah soto babat, makanan ini bernama Rujak Soto, Rujak Soto merupakan makanan khas

Candi Jago

Candi Jago  didirikan pada masa Kerajaan Singhasari  pada abad ke-13. Candi ini terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau sekitar 22 km dari Kota Malang. Candi Jago memiliki keunikan

Tari Angguk

Tari Angguk meruapakan salah satu dari sekian banyak jenis kesenian rakyat yang ada di Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini merupakan tarian yang disrtai dengan pantun-pantun rakyat yang berisi tentang berbagai

News Category

Sumatera

Jawa

Kalimantan

Sulawesi

Bali

Maluku

Nusa Tenggara

Papua

Online Support
hadisukirno1 transtiket1
Visitor