Nasi Liwet Solo
Dibaca : 1659 Kali

Bila Anda pergi berkunjung ke Surakarta atau yang biasa di kenal dengan sebutan solo, Jangan lupa mencoba mencicipi nasi liwet Solo, Nasi liwet Solo adalah maskan yang terdiri dari nasi putih yang di masa pulen dan dilengakapi dengan berbagai jenis sayur dan lauk, seperi sayur labu siam, ayam areh yang disuwir-suwir(diiris-iris)dengan bentuk memajang dan telur pindang, nasi liwet akan tambah nikmat jika di santap dengan kerupuk rambak, yaitu sejenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Keberadaan masakan ini sudah cukup terkenal sampai ke kota-kota disekititarnya seperti  Yogyakarta, Klaten, dan Boyolali nasi liwet solo ini juga telah dikenal dikota Jakarta, Bandung, dan Surabaya banyak restorn-restoran dikota ini yang menjadikan nasi liwet Solo ini sebagai salah satu menu utamanya. 

Untuk mendapatkan Nasi Liwet Solo ini, Anda dapat berkunjung kekota Surakarta, Jawa Tengah banyak pedagang yang menjajakan masakan khas ini disetiap sudaut kota, selain di tempat itu para pedagang nasi liwet solo ini  juga banyak terdapat di timur pasar klewar. Para pedagang di pasar klewer ini biasannya berjualan di waktu pagi.

Nasi liwet Solo ini terkenal dengan tekturnya yang pulen dan rasanya yang gurih , rasa gurih ini muncul dari hasil rebusan nasi yang di masak dengan cara di karu( dituangi) dahulu dengan air santan kelapa, Nikmatnya nasi liwet ini Kn semakin bertambah lezat bila di tambah dengan lauk-pauk pendukungnuya.

Keunikan lain dari masakan ini ialah disajikan dengan menggunakan daun pisang konon daun pisang tersebut dapat menambah rasa gurih pada masakan ini, sebab selain bentuknya yang alami, daun pisang juga jauh dari kontaminasi zat-zat kimiawi.

Disamping rasanya yang enak, makanan I ni juga aman di konsumsi bagi penderita kolesterol, sebab masakan ini tidak banyak mengandung  minyak dan kandungan-kandungan berbahaya lainnya. Keistimewaan lainnya nasi liwet Solo ini tergolong jajanan yang murah dan sangat mudah di dapatkan.


Tanggal Posting : Minggu, 27 November 2011
Pengirim : Admin


Artikel Terbaru
Pulau Hari

Pulau hari merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang yang terletak di bagian timur kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pulau ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami. 

Permukaan air yang jernih

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi Palembang Sumatera Selatan. Pulau ini setiap tahunnya dijadikan pusat tempat perayaan Cap Go Meh, bagi warga keturunan China dari berbagai

Rujak Soto

Makan Rujak atau Soto mungkin Anda sudah pernah mencobanya, namun pernahkan Anda mencoba makanan campuran rujak petis dan kuah soto babat, makanan ini bernama Rujak Soto, Rujak Soto merupakan makanan khas

Candi Jago

Candi Jago  didirikan pada masa Kerajaan Singhasari  pada abad ke-13. Candi ini terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau sekitar 22 km dari Kota Malang. Candi Jago memiliki keunikan

Tari Angguk

Tari Angguk meruapakan salah satu dari sekian banyak jenis kesenian rakyat yang ada di Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini merupakan tarian yang disrtai dengan pantun-pantun rakyat yang berisi tentang berbagai

News Category

Sumatera

Jawa

Kalimantan

Sulawesi

Bali

Maluku

Nusa Tenggara

Papua

Online Support
hadisukirno1 transtiket1
Visitor