Raja Ampat
Dibaca : 804 Kali

Raja Ampat merupkan surga penyelaman yang menyajikan kekayaan laut yang mengagumkan. Bahkan kawasan ini dijuluki sebagai Coral Reef Paradise(surga terumbu karang) oleh para penyelam dunia. Raja Ampat ini terletak di Papua Barat.

Raja Ampat sebuah kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Sorong dengan luas wilayah + 4,6 juta hektar. Sekitar 85% dari luas tersebut adalah lautan, sementara sisanya merupakan gugusan pulau dan karang atol yang berjumlah 610 pulau. Dari ratusan pulau-pulau tersebut, hanya 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk asli.

Kepulauan Raja Ampat tak hanya dianggap sebagai tman laut terbesar di Indonesia, namun juga diyakini memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia.

Keistimewaan Raja Ampat adalah kandungan kekayaan biota laut  Raja Ampat paling besar di seluruh area segitiga koral dunia, yaitu Philipina- Idonesia-Papua Nugini. Setitiga koral ini merupakan jantung kekayaan terumbu karang dunia yang dilindungi dan ditetapkan berdasarkan konservasi perlindungan alam internasional. Dari sekitar 600-an jenis terumbu karang di dunia, 75% diantaranya berada di perairan Raja Ampat.

Dengan begitu luasnya perairan Raja Ampat serta kekayaan biota lautnya yang beragam, Maka bagi wisatawan yang ingin menikmati panorama bawah laut bisa memilih beberapa titik penyelaman. Di sekitar Pulau Kri misalnya, Anda bisa menyaksikan keindahan terumbu karang serta berbagai jenis ikan yang sangat menakjubkan, termasuk jenis ikan queensland groper yang terkenal, ikan kuwe, kakap, kerapu, hiu karang, tuna, napoeleon wrasse, barracuda, serta giant trevally.setidaknya terdapat 283 jenis ikan di wilayah ini.

Titik penyelaman laiinnya adalah di Sardine Reef dengan kedalaman sekitar 10 meter. Tempat ini menyajikan berbagai jenis ikan termasuk ikan parrotfist yang memiliki warna cemerlang dan indah.  Apabila Anda ingin mencoba sensasi berbeda dalam terowongan batu karang, Anda bisa menyelam di sekitar Kepualuan Kaboei Bay Rock. Di Kepulauan ini terdapat sebuah teluk yang dibawahnya merupakan sebuah terowongan batu karang. 

Tak hanya itu, masih banyak lagi titik-titik penyalaman yang bisa ditelusuri oleh para penyelam, seperti di The Passage, Pulau Fam, serta Pulau Missol. Selain menikmati biota laut, wisatawan bisa menikmati situs-situs sejarah bawah laut, di antaranya kapal perang serta pesawat tempur yang kelam di perairan Raja Ampat.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan pulau-pulau di wilayah Raja Ampat. Daratan pulau-pulau di kawsan ini relatif masih alami, memiliki hamparan pantai yang mempesona, serta lautnya yang jernih.

Bila Anda ingin berniat mengisi liburan Anda ke Raja Ampat, dari Jakarta dan dari kota-kota besar lainnya menuju Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat. Penerbanagan menuju Sorong biasanya akan transit dahulu di Makasar-Manado. Dari Bandara Domine Eduard Osok, wisatawan bisa segera melanjutkan perjalanan menuju Raja Ampat menggunakan kapal cepat berkapasitas 10 orang.


Tanggal Posting : Minggu, 12 Pebruari 2012
Pengirim : Admin


Artikel Terbaru
Pulau Hari

Pulau hari merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang yang terletak di bagian timur kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pulau ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami. 

Permukaan air yang jernih

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi Palembang Sumatera Selatan. Pulau ini setiap tahunnya dijadikan pusat tempat perayaan Cap Go Meh, bagi warga keturunan China dari berbagai

Rujak Soto

Makan Rujak atau Soto mungkin Anda sudah pernah mencobanya, namun pernahkan Anda mencoba makanan campuran rujak petis dan kuah soto babat, makanan ini bernama Rujak Soto, Rujak Soto merupakan makanan khas

Candi Jago

Candi Jago  didirikan pada masa Kerajaan Singhasari  pada abad ke-13. Candi ini terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau sekitar 22 km dari Kota Malang. Candi Jago memiliki keunikan

Tari Angguk

Tari Angguk meruapakan salah satu dari sekian banyak jenis kesenian rakyat yang ada di Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini merupakan tarian yang disrtai dengan pantun-pantun rakyat yang berisi tentang berbagai

News Category

Sumatera

Jawa

Kalimantan

Sulawesi

Bali

Maluku

Nusa Tenggara

Papua

Online Support
hadisukirno1 transtiket1
Visitor